12 Manfaat Santan Untuk Rambut & Cara Menggunakannya

Santan Kelapa

Umumnya santan hanya di kenal dan di gunakan untuk keperluan kuliner. Tapi tahu kah kamu kalau santan juga mempunyai banyak manfaat untuk perawatan rambut dan tubuh....Berikut beberapa manfaat santan dan cara menggunakannya untuk merawat rambut dan tubuh.

Buah kelapa ternyata mempunyai berbagai manfaat untuk kesehatan & kecantikan rambut yang bisa didapat dari aneka macam olahannya.Minyak kelapa memunyai khasiat buat pertumbuhan rambut,untuk mencegah kebotakan, & menyembunyikan uban. Sementara,Santan kelapa berguna buat menumbuhkan & meluruskan rambut.Membuat santan lebih gampang dibanding membuat minyak kelapa.

Cara Membuat Santan Kelapa

Sesuai menggunakan judul artikel ini manfaat santan untuk rambut, saya akan menaruh cara buat pembuatan santan, walaupun telah poly pada pasaran produk santan yg sudah jadi ,  lebih baik memakai santan yg segar dan baru dibentuk. Santan terbuat berdasarkan kelapa yg diparut dagingnya yg teksturnya sebagai lembut.


  • Siapkan kelapa yg sudah relatif tua secukupnya.
  • Kemudian dibersihkan, lalu parut daging kelapa.
  • Hasil parutannya taruh pada pada mangkuk tahan panas, siram dengan air panas. Aduk sampai rata & abaikan sampai dingin
  • Taruh saringan dalam mangkuk tersebut, alasi menggunakan kain katun tipis. Tuangkan parutan kelapa ke saringan.
  • Peras kain katun tadi buat mengeluarkan sisa santannya. Taruh pada pada kulkas.

Santan memiliki banyak kegunaan buat aneka macam masalah dalam rambut menggunakan manfaat santan untuk rambut, kandungan santan banyak sekali yang berguna untuk tubuh kita, diantaranya vitamin B1, B3, B5, B6, vitamin C dan E, terdapat jua zat besi, selenium, kalsium, magnesium dan fosfor. Beberapa kandungan santan

1. Santan mempunyai kandungan minyak & nutrisi yang tinggi sehingga membuat rambut sebagai lembab & bisa memperbaiki rambut yang rusak

 2. Dengan kandungan minyak alami dalam santan maka bisa dipakai menjadi kondisioner alami sehingga bisa menciptakan rambut lebih lembut dan mudah buat diatur

tiga. Santan dapat mengembalikan ekuilibrium PH dalam kulit kepala yg bermasalah lantaran bahan kimia, sehingga perawatan menggunakan bahan santan dapat mengatasi perkara rambut berketombe.

4. Santan memiliki kandungan protein dan minyak essensia yg tinggi sehingga dapat menghindari kerontokan pada rambut dan dapat mencegah rambut bercabang.

5. Kandungan protein, zat besi & mangan yg terdapat pada santan bermanfaat untuk memproduksi rambut baru yg sehat & kuat, dan menggunakan kandungan tadi juga bisa merangsang pertumbuhan rambut dengan cepat

1. Memberi Nutrisi Pada Rambut

Memakai santan di kulit kepala memberi manfaat untuk mendinginkan. Santan menutrisi rambut dari ujung rambut sampai akar,pemakaiannya pula sangat gampang yaitu,

Balurkan santan segar ke kulit ketua & pijat selama tiga hingga lima mnt.
Biarkan selama dua puluh menit, lalu keramas misalnya biasa.
Perawatan ini pula akan mempercepat pertumbuhan rambut & folikel rambut. Sehingga ramuan ini akan menjadi cara merawat rambut supaya cepat panjang dan cara buat memanjangkan rambut laki-laki  menggunakan cepat.

2. Mencegah Kebotakan

Ada beberapa cara yang sanggup dilakukan buat membuat ramuan berdasarkan santan buat perawatan rambut botak:

Campurkan 50 mililiter santan menggunakan 100 mililiter air dan tambahkan beberapa tetes minyak kamper. Pijat kulit ketua dengan ramuan ini terutama bagian yg terdapat kebotakan, pisahkan selama beberapa jam. Cuci dengan air hangat & abaikan rambut kering sendiri. Ramuan ini cukup membantu untuk orang – orang yang mengalami kebotakan rambut.
Campurkan satu cangkir santan, 1/2 cangkir yoghurt, dan dua sendok makan minyak pohon kamper. Oleskan ke area yang rontok atau botak sambil dipijat perlahan, dan biarkan satu hingga dua jam sebelum dibilas dengan air hangat. Tutup rambut yg basah menggunakan handuk dan abaikan hingga kering dengan sendirinya.

3. Mengatasi Rambut Kusut

Ketika habis keramas, umumnya rambut pada keadaan kusut dan sulit buat menyisirnya tanpa menciptakan rambut rontok. Santan jua bermanfaat buat mengatasi kasus rambut yang kusut. Cara memakainya hanya menggunakan mengoleskan sedikit santan waktu menyisir rambut, oleskan pada bagian yg kusut & sisir bagian tadi hingga rambut terurai menggunakan mengagumkan.

4. Mengatasi Rambut Kering

Manfaat santan untuk rambut selanjutnya merupakan buat mengatasi rambut kemarau. Santan dapat menjadi cara buat merawat rambut kering yaitu menggunakan cara

Lapisi rambut dengan adonan 6 sendok makan santan, tiga sdm minyak kelapa, dan dua sdm madu.
Tutup dengan shower & biarkan selama 2 puluh hingga 3 puluh mnt sebelum keramas rambut.
Ramuan ini memberi kelembaban yg diharapkan rambut yang kering dan dapat menjadi cara merawat rambut panjang supaya permanen sehat & nir kemarau lagi.

5. Untuk Pertumbuhan Rambut

Cara supaya pertumbuhan rambut sehat

Sisir rambut hingga tidak terdapat bagian yg kusut dan uraikan.
Siapkan semangkuk santan segar.
Ambil kapas & celupkan, kemudian oleskan kapas tersebut ke kulit ketua, rambut dan bagian ujung rambut.
Kemudian pijatan perlahan pada kulit ketua, lantaran bagus buat melancarkan peredaran darah & menstimulasi pertumbuhan rambut.
Tutup rambut menggunakan shower, abaikan selama empat sampai lima jam sampai ramuan meresap.
Keramas menggunakan sampo biasa, kemudian beri kondisioner misalnya biasa.

6. Mengatasi Rambut Rontok

Cara mengatasi rambut rontok jua sanggup menggunakan memanfaatkan santan. Lantaran santan memberi nutrisi dalam rambut. Cara membuatnya juga gampang yaitu:

Campur 1 sdm santan & beberapa tetes minyak lavender.
Gunakan adonan pada rambut sampai merata, termasuk kulit ketua.
Pijat perlahan, biarkan beberapa jam atau semalaman supaya hasil lebih baik.
Keramas menggunakan sampo setelahnya.

7. Mengatasi Rambut Bercabang

Penyebab rambut bercabang dan rusak biasanya nir kita sadari. Perlakuan sehari – hari yang salah  terhadap rambut mampu sebagai sumbernya. Santan pula dapat buat merawat rambut bercabang & cara merawat rambut agar tidak bercabang yang bisa kalian dicoba. Cara membuatnya:

Kalian hanya butuh 1/2 cangkir santan, 1 butir alpukat yg sudah dikupas dagingnya, & 2 sdm minyak kelapa.
Campur semua bahan tersebut, kemudian pakai di rambut & semua kulit kepala.
Kemudian bungkus rambut selama 1 jam, lalu keramas.
Ramuan tersebut bertujuan untuk merawat rambut yang kemarau yang sebagai penyebab rambut bercabang ujungnya dengan memakai manfaat alpukat buat rambut.

8. Mengatasi Rambut Rusak & Rapuh

Yang mengakibatkan kerusakan dalam rambut umumnya kondisi rambut yang kemarau sehingga rambut sebagai rapuh. Cara mengatasinya merupakan dengan cara menggunakan santan buat bahan perawatannya - Hair solution.

Cara membuatnya seperti berikut :


  • Siapkan 1 cangkir minyak zaitun, 3 sendok makan daun rosemary kering & 1/2 1/dua santan segar.
  • Buat infused water buat masker rambut terlebih dulu. Campurkan daun rosemary dan minyak zaitun dalam satu toples kedap udara selama 4-8 minggu.
  • Lalu campurkan 1/2 cangkir infused water rosemary dan zaitun tadi menggunakan 1/dua cangkir santan segar.
  • Pakai ke rambut & kulit kepala hingga rata, kemudian tutup ketua selama  30 menit.
  • Kemudian keramas memakai sampo.

9. Memberi Kilau Pada Rambut

Manfaat santan untuk rambut supaya memberi kilau rambut yg kusam bisa didapat dengan cara berikut:


  • Parut kelapa dan taruh output parutan ke dalam kain katun tipis.
  • Selanjutnya peras kelapa didalam kain dan saring kembali.
  • Panaskan pada panci sampai kental & bertekstur seperti pasta, taruh dalam mangkuk.
  • Tunggu hingga dingin sebelum dimasukkan ke pada kulkas.
  • Kemudian oleskan ke seluruh rambut dan kulit kepala hingga merata, tutup rambut & abaikan semalaman.
  • Keesokan harinya keramas seperti biasa.
  • Selain memakai santan, kita jua mampu menggunakan manfaat air beras buat memberi kilau pada rambut


10. Mengatasi Kulit Kepala Kering

Kulit ketua yg kering berarti tidak menerima relatif distribusi cairan menurut tubuh. Hal ini dapat mengakibatkan kasus gatal dan ketombe. Untuk menghidrasi kulit ketua, hangatkan 1/2 cangkir santan kemudian gunakan buat memijat kulit kepala setelah agak dingin. Biarkan meresap di kulit ketua selama 30 menitan sebelum dibilas.

11. Mengatasi Rambut Beruban

Penyebab rambut beruban ada banyak diantaranya penuaan dini, pemakaian sampo atau produk rambut yang galat, stres, dan lain – lain. Dengan manfaat santan buat rambut sanggup dipakai buat menghitamkan rambut secara alami. Caranya dengan melakukan beberapa langkah berikut:

Campurkan santan & minyak amla dengan jumlah yg sama.
Pakai pada rambut dan kulit ketua hingga merata, abaikan meresap lebih kurang 1 jam.
Setelah itu cuci menggunakan air hangat.
Anda juga dapat memanfaat urang aring supaya rambut permanen hitam alami.

12. Mengatasi Rambut Mengembang

Dengan bantuan santan buat mencegah rambut mengembang yang akan menjadi cara melembutkan rambut, jadi rambut nir akan mekar dan sulit diatur.

Campur santan segar dan jeruk nipis secukupnya.
Oleskan ke seluruh ketua secara merata, termasuk rambut.
Biarkan selama 1/2 jam kemudian bilas menggunakan sampo hingga higienis.

Manfaat Santan Untuk Angota Tubuh Lainnya

Selain bermanfaat buat rambut, ternyata santan juga berguna buat bagian tubuh lainnya, seperti wajah, kulit, tulang, & lain-lain.

1. Mencegah penuaan

Serat, lemak & nutrisi serta antioksidan yg terkandung dalam santan kelapa dapat membantu mencegah terjadinya penuaan. Sehingga bagi yang suka  mengkomsumsi santan kelapa menggunakan teratur, kemungkinan besar  Dia akan awet muda.

2. Kaya zat besi

Zat besi yang terkandung di pada santan kelapa jua dapat mencegah terjadinya anemia atau anemia. Anemia terjadi karena tubuh nir menghasilkan hemoglobin dengan jumlah yg cukup buat kegiatan sehari-hari. Akibatnya Anda jadi cepat lelah, lemas, dan nir produktif.

3. Memperkuat imunitas

Santan kelapa juga mengandung vitamin C yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Banyak mengkonsumsi makanan yg mengandung santan kelapa, maka flu & infeksi akan sporadis terjadi.

4. Menguatkan tulang

Tulang yang kuat tidak hanya membutuhkan zat kalsium saja, namun pula fosfor yg banyak terdapat dalam santan kelapa. Konsumsi santan kelapa jua membantu menyehatkan & menguatkan tulang Anda.

5. Kaya antioksidan

Santan kelapa ternyata pula kaya  akan antioksidan yg pula bermanfaat buat melawan radikal bebas dan untuk melindungi berdasarkan kerusakan sel.

6. Memperketat Kulit

Santan kelapa yang sebagai sabun bagi wajah dianggap sanggup memperketat kulit atau mencegah penuaan berdasarkan kulit anda, khususnya baik dipakai buat wanita

7. Menghilangkan bekas make up

Memakai make up sehari hari buat kecantikan memang membuat paras  perempuan   terlihat manis, namun bekas yg ditimbulkan make up berupa bekas yg buruk atau tidak baik untuk kulit wajah.Caranya dengan menggunakan adonan santan minyak kelapa menggunakan baby oil menggunakan perbanding 1 : 2 buat mendapatkan efek yang lebih baik lagi. Hal ini bisa jua untuk membantu membersihkan bahan-bahan bekas make up yang menepel pada kulit wajah danmenutupi pori-pori pada kulit paras.

8. Mengatasi efek berdasarkan sinar uv

Khasiat santan kelapa untuk kesehatan kulit selanjutnya adalah dapat mengatasi kasus yang ada dalam kulit dampak dari  terkena pengaruh jelek berdasarkan sinar surya. Lapisan santan dalam kulit yg terbakar karena sinar uv dan ruam akan mencegah terjadinya kerusakan pada kulit sebagai akibatnya dapat membuat kulit menjadi sehat kembai

9. Menjaga Jantung Sehat

selain manfaat santan buat rambut, santan juga bermanfaat buat jantung. Buah akbar ini mengandung banyak asam laurat, asam lemak rantai sedang yg telah terbukti mempunyai dampak positif pada kadar lipid dan kolesterol serum dalam laki-laki  & wanita

Sebuah penelitian dilakukan terhadap 60 orang sehat selama 8 minggu. Selama lima hari seminggu, mereka diberi makan bubur santan, & kadar kolesterol mereka diuji. Para peneliti menemukan bahwa tingkat kolesterol “dursila” tingkat penurunan & “kolesterol baik” semakin tinggi. Penelitian tadi menyimpulkan bahwa santan tidak berakibat fatal bagi lipid. Tapisangat sehat buat hati kita

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Santan kelapa mengandung vitamin C pada jumlah yang baik, nutrisi yg membantu mempertinggi kekebalan tubuh kita.

Makanya, konsumsi santan secara teratur sanggup membantu menangkal infeksi & melawan demam dan batuk.

11. Membantu Mencegah Anemia

Anemia, galat satu penyakit yang paling umum ditimbulkan lantaran kekurangan nutrisi, atau kekurangan zat besi dalam tubuh.

Hal ini mampu diatasi menggunakan minum segelas santan secara teratur. Dikatakan untuk menyediakan tubuh kita hampir seperempat menurut takaran besi harian yg direkomendasikan setiap hari. Hal ini pula berguna untuk mencegah kelelahan terkait kurang darah.

12. Melembabkan Kulit

Orang-orang telah memanjakan diri dalam pemandian susu selama berabad-abad. Entah itu untuk bayi atau pengantin perempuan  , ini adalah fakta umum bahwa susu melembabkan kulit kita dan membuatnya lembut & elastis.

Mungkin sekarang saatnya beralih ke santan kini  . Menerapkan santan ke kulit Anda lebih berdasarkan sekedar melembabkannya. Peras kelapa mengkombinasikan kekeringan, gatal, bengkak, & kemerahan, menenangkan kulit, dan menaikkan kulit yg sehat & bercahaya.

Tambahkan 1 cangkir santan, 1/dua cangkir air mawar, & 1 cangkir kelopak mawar buat menghangatkan air & mandi dengannya. Lakukan ini tak jarang, dan Anda akan kagum dengan hasilnya.

13. Menurunkan Berat Badan

Kelapa mengandung trigliserida rantai menengah (MCT) yang mampu membakar lemak dan menyebabkan kenyang,sehingga bisa mencegah makan berlebih. Kelapa ini sanggup membantu penurunan berat badan pada jangka panjang.

Sebuah penelitian dilakukan pada tahun 2003 buat menunjukan hal yg sama – 24 orang menggunakan kelebihan berat badan diberi makanan kaya MCT & asam lemak rantai panjang (LCT) selama 4 minggu. Komposisi tubuh mereka diuji dalam akhir kerangka ketika. Terlihat bahwa mengkonsumsi MCT menyebabkan penurunan kadar jaringan adiposa dibandingkan menggunakan LCT.

Studi tadi selanjutnya menyatakan bahwa MCT dapat dipercaya menjadi agen yg membantu pada pencegahan obesitas